Tuesday, January 14, 2014

Dokumen Persyaratan Mengajukan KPR ke Bank

Bisa memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang, namun demikian untuk membeli rumah tidaklah semudah membalikan telapak tangan, di perlukan banyak persiapan Modal untuk bisa membeli rumah, terlebih melihat harga properti seperti sekarang ini yang semakin melunjak tinggi.

Bagi yang berpenghasilan besar mungkin tidak kesulitan untuk membeli rumah, tapi bagaimana dengan yang gajinya pas - pasan atau penghasilannya masih di bawah standar. Beruntung sekarang ada solusi yang bisa memudahkanbagi yang belom memiliki modal besar untuk memiliki rumah, Pihak Bank sudah memfasilitasi dengan Memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mengajukan KPR (kredit Pemilikan Rumah ) yang sangat membantu sekali yang bagi yang kadar ekonominya rendah. fasilitas KPR ini disediakan untuk nasabah di luar dari Down Payment ( Uang Muka/ DP ) karena DP di tanggung oleh pihak nasabah sendiri kepada pemilik rumah yang ingin dibeli. itulah salah satu keuntungannya, nasabah hanyacukup mempersiapkan DP sekitar 30% saja tanpa harus mempersiapkan uang tunai sepenuhnya untuk bisa membeli rumah. untuk di ketahui, bahwasanya tahun dari 2013 pihak Bank Indonesia telah memberlakukan aturan untuk uang muka sebesar 70 % darinilai total kredit yang di sebut  LTV ( Loan To Value ).


Untuk Mengajukan KPR pada perbankan ada dolumen penting sebagai persyaratan yang harusdi penuhi oleh pihal nasabah yang bersangkutan, Diantaranya ialah: 
  •     Warga Negara Indonesia
  •     KTP suami dan atau istri (bila sudah menikah)
  •     Kartu Keluarga
  •     Telah berumur 21 tahun atau sudah menikah
  •     Surat keterangan kerja
  •     Keterangan penghasilan/slip gaji
  •     Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  •     Rekening Koran (  laporan yang diberikan Bank setiap bulan kepada pemegang rekening Giro  yang berisikan informasi tentang transaksi yang dilakukan oleh bank terhadap rekening tersebut selama satu bulan dansaldo Kas di Bank ).


Jika Persyaratan di atas sudah terpenuhi selanjutnya anda harus perhatikan hal berikut :
Usia Pemohon KPR
Usia sangat berpengaruhterhadappengajuan KPR, Minimum usia pemohon 21 tahun atau sudah berkeluarga/ menikah, untuk usia 40 tahun kebawahbiasanya pihak bank memberikanjangka waktu kredit sampai 15 tahun, sedangkan usia 40 tahun keatas jangka waktu akandi hitungberdasarkan usia produktif si pemohon sekitar 55 tahun atau usia dari 60 - 65 tahun.

Gaji Dan Pekerjaan
Informasi tentang gaji dan pekerjaan sangat menentukan untuk pengajuan KPR bisa di terima atau tidak, apakah pekerjaaan anda tetap atau tidak, masa kerjayangdi bolehkan mengajukan KPR minimal selama 2 tahun masa kerja termasuk masa magang. gaji juga sebagaitolak ukur mampu tidaknya pemohon membayar kredit karena bank biasanya menghitung rata - rata besarnyaangsuran dari 30% -33% dari total gaji pemohon.dan gaji yang dimaksud adalah gaji bersih anda.

Data Rekening Koran
Ini berfungsi untuk mengecek kebenaran slip gaji, transaksi yang terjadipada rekening koran sangat menentukan. tidak di lihat dari banyaknyasaldo dalam rekening anda,karena meski di dalam rekening anda hanya ada 50 ribu tapi data transaksi rekening koran anda bagus dan tinggi maka bisa saja di terima, begitu sebaliknya.

Tentang Pinjaman Lain
Informasi tentang pinjaman atau kredit di lain tempat juga di perlukan kejujuran anda, misalakan angsuran motor, mobil, dan kartu kredit anda yang sedang berjalan, itu semua akan mempengaruhi proses pembayaran kredit anda nantinya dan itu juga berpengaruh terhadap penilaiandari pihak perbankan. anda benar - benar harus jujur dalam hal ini, karena pihakbank juga bisa mengecek track record kredit anda di bank.

Itulah Beberapa Dokumen persyaratan yang perlu anda persiapkan sebelum mengajukan KPR bagi yang berniat menempuh jalan KPR untuk membeli rumah. semoga bermanfaat.

By. Muhammad Tohir

Komentar dan Saran anda sangat di perluka untuk peningkatan kualitas tulisan kami

Artikel Terkait :
Cara Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dokumen Persyaratan Mengajukan KPR ke Bank

0 komentar:

Post a Comment