Tuesday, January 14, 2014

Cara Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga

Berkenaan dengan Masalah Dalam mengatur keuangan mungkin bagi sebagian orang yang sudah punya penghasilah puluhan juta perbulan tidak terlalu membuat mereka pusing, Namun saya tetap menghimbau kepada mereka yang penghasilannya sudah tinggi tetap jangan menyepelekan untuk mengatur keuangan dengan cerdas, karena kita tidak pernah akan tahu apa yang terjadi kedepannya nantinya. jika kita tidak mau berpikir cerdas maka berapapun banyaknya uang yang masuk tidak akan pernah menjamin kesejahteraan dalam hidup suatu keluarga.


Bagaimana Caranya Mengatur Keuangan Keluarga:


Menyatukan Pola Pikir Suami istri
Sangat di perlukan sekali kekompakan dari suami istri dalam masalah mengatur keuangan, Buat visi dan Misi keuangan keluarga bersama - sama seperti apa sampai menemukan kesamaan.

Buatlah Daftar
membuat daftar pemasukan dan pengeluaran setiap hari, catatlah setiap kali ada transaksiyang berkaitan dengan masalah keuangan meskipun hanya seratus rupiah sekalipun dan setelah akhir bulan cobalah untuk mengevaluasinya secara bersama - sama antara suami istri apakah pada bulan itu keluarga anda lebih banyak pemasukan dari pengeluarannya atau malah sebaliknya. Jika anda berdua bukan dari latar belakang orang akuntansi tentukan cara yang mudah dipahami oleh kalian berdua dalam membuat laporan keuangan keluarga.

Membuat daftar kebutuhan
Cara ini anda berdua suami istri bisa membuat daftar kebutuhan pada sebuah buku, catatlah kebutuhan keluarga anda dari yang paling mendesak atau penting - kebutuhan Sedang - kebutuhan sampingan - kebutuhan pribadi masing - masing kalian. dengan membuat daftar seperti ini anda tidak sembarangan lagi mengeluarkan uang dalam keluarga anda pada sesuatu yang tidak jelas manfaatnya bagi keluarga anda.

Buanglah Sifat Semau aku diantara suami istri
Hindari memiliki sikap semau gue dalam menggunakan keuangan keluarga, misalkan istri yang gila belanja, suami yang gila taruhan, lalu dengan semaunya mengeluarkan uang tanpa memperhatikan kedepannya mau makan apa lagi.

Ikut berinvestasi pada Program investasi yang jelas dan benar - benar menguntungkan
berinvestasi kalau menurut saya sangatlah penting untuk menghadapi masalah finansial masa depan terlebih jika sudah lanjut usia dimana fisik sudah tidak mampu lagi bekerja. pilihlah program investasi yang jelas pengelolanya, tujuannya, yang benar -benar bisa menjami, atau berinvestasi membeli property karena properti selalu mangalami kenaikan harga dan permintaan masyarakat semakin meningkat pula sementara ketersediaannya semakin berkurang ini kesempatan anda sekeluarga untuk membangun aset disitu.

Menabung
suami istri harus bisa menyisihkan sebagian dari pemasukan keluarga untuk ditabungkan, menabung sangat banyakmanfaatnyauntuk masa depan sepertimempersiapkanuntukbeli rumah,biaya sekolah anak, menghadapi jika suatu saat ada yang sakit, jika sudah punya tabungan maka tidak akan kerepotan untuk mencari solusi keungan ketika membutuhkan. buatlah rekening tabungan atas nama satu orang yang nantinya suami istri sama - sama mengisi tabungan tersebut. biasanya yang lebih pintar menabung adalah seorang istri.


Ingat! Tetaplah selalu siap siaga terhadap keadaan hidup keluarga
kita semua tahu tidak selamanya kehidupan berjalan mulus dan lancar, tidak selamanya berada di atas. karena roda kehidupan akan terus selalu berputar, maka anda berdua sebagai suami istri harus terlebih dahulu menghadapi keadaan yang tak teduga datangnya sepertiadanya musibah, atau keadaan hidup tiba - berada di bawah itu semua harus anda berdua selalupersiapkan mental untuk menghadapinya. disini juga akan berperan manfaat dari menabung untuk menghadapi situasi buruk yang datangnya secara tiba - tiba, namun saya tidak mendo'akan itu terjadi pada anda dan saya, tapi hanya sebagai himbauan saja karena itu rahasia Tuhan.

Saling Terbukalah
Jangan ada yang ditutupi dalam masalah keuangan antara suami istri, jujurlah terhadap pasangananda.


Membuat Rencana keluarga
buatlah rencana dalam keluarga, baik itu rencana kerja, rencana tujuan kehidupan kedepannya dll, buatlah rencana menjadi Rencana jangka panjang , sedang dan jangka panjang untuk dijadikan paduan target dalam keluarga anda.

Baiklah saya rasa sudah waktunya mengakhiri artikel ini, karena sudah terlalu panjang kasian juga nanti anda bisa tambah bosan membaca tulisan saya yang tidak berbobot ini, saya berharap semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekeluarga dan bisa membantu anda dalam hal mengatur keuangan dalam keluarga anda.

Semoga Keluarga Anda selalu menjadi keluarga yang bahagia selamanya hingga ujung usia. Amiiinnn...




Artikel Terkait :
Bagaimana Nasib Anak Keturunan Di Masa Mendatang?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Cerdas Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga

0 komentar:

Post a Comment